Definisi Model Relasional Dan Sejarahnya



Di Penjelasan kali ini saya akan membahas mengenai model relasional yang ada dalam system basis data yang saya dapat kan dari materi kuliah saya, model relasional ini merupakan model data utama yang digunakan untuk aplikasi pemrograman data komersial, hal ini di sebabkan karena kesederhanaan pada struktur data logikanya dibandingkan model jaringan dan model hirarkis, sehingga dapat memudahkan pekerjaan seorang pemogrammer.
Sejarah singkat model relasional pertama kali diperkenalkan oleh E.F. Codd pada tahun 1970. Objektivitas dari model relasional ini adalah konsep kemandirian data, relasi yang normal tanpa adanya kelompok pengulangan serta perluasan dari Bahasa manipulasi data yang berorientasi pada himpunan data.
Konsep dasar model relasional merupakan model yang merepresentasikan data dalam basis data sebagai kumpulan table-tabel dimana setiap table dinyatakan dengan nama yang unik. Setiap baris pada table merepresentasikan keterhubungan di antara sekumpulan nilai-nilai. Itu berarti sebuah table merupakan kumpulam dari keterhubungan yang dekat antara konsep table dan konsep relasi pada matematika. Untuk itulah model relasional menggunakan istilah relasi. Pada kenyataanya, system manajemen basis data relasional menyimpan relasi-relasinya secara fisik pada sebuah file.
Definisi Model Relasional Dan Sejarahnya Definisi Model Relasional Dan Sejarahnya Reviewed by Wahyu Rezkianto on 5:40:00 AM Rating: 5

No comments