Resensi




 Judul  Buku    : AKUNTANSI MANUFAKTUR dan IKM dengan MYOB
Pengarang            : Ali Mahmudi dan Nica Charter
Penerbit               : PT Elex Media Komputindo
Tahun  Terbit        : Juli2010
Kota                    : Jakarta
Ukuran                 : 24 x 14 cm
Jumlah                  : 300+xviii halaman
Jenis                     : Edukasi atau Pelatihan

MYOB (Mind Your Own Business) tidak hanya bisa diterapkan di usaha dagang (retail) maupun usaha jasa saja. MYOB juga bisa diterapkan pada perusahaan manufaktur (industri).begitu kompleksnya permasalahan yang ada di perusahaan manufaktur, membuat bagian accounting merasa kesulitan menentukan nilai harga pokok produksi barang jadinya.

Sebagian besar buku akunting yang membahas tentang akuntansi industri, sistem pelaporannya masih menggunakan metode periodical, tetapi dalam prakteknya ada kebutuhan untuk mengetahui stok barang, baik bahan baku, bahan pembantu maupun barang jadi. di buku ini anda akan mengetahui cara mengkombinasikaan antara metode periodical dan metode perpetual. anda juga akan mengetahui metode harga pokok standar yang menghasilkan laporan keuangan secara periodical, tetapi kuantitas barang tetap bisa diampilkan layaknya persediaan secara perpetual.

Selain itu juga dibahas cara menentukan harga pokok standar untuk barang jadi, mencatat pembelian bahan, pemakain bahan baku, pengalokasian biaya upah, pencatatan biaya overhead pabrik dan mencatat selisih antara biaya aktual dengan biaya standar untuk barang jadi, mencatat penyesuain di akhir periode untuk bahan baku, barang dalm proses dan barang jadi juga dibahas.anda juga akan menemukan cara mendesain formulir untuk proses produksi, surat jalan, voucher pembayaran dan voucher penerimaan uang.

Kelebihan
Kelebihan dari buku ini yaitu kita diajarkan cara menggunakan aplikasi myob dengan baik serta terdapat cd instalasi dan tutorial lengkap cara instalasi MYOB, membuat jenis transaksi diakuntansi  dan metode-metodenya.

kekurangan 
kekurangannya yaitu jika kita tidak mengeti tentang akuntansi maka kita tidak akan bisa memahaminya karna terdapat banyak istilah asing yang orang awam tidak mengerti dan hanya dimengerti orang yang kompeten di bidangnya..
terima kasih ..

Resensi Resensi Reviewed by Wahyu Rezkianto on 8:48:00 PM Rating: 5

No comments